Tuesday, April 28, 2015

Proposal Rencana Usaha (Tugas KWH)

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan kepada nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Sehingga oleh karenanya saya dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.


  Tangerang, April 2015


    
      Tim Penyususn





BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Nama dan Alamat Perusahaan

            Nama Perusahaan   : Rizki’s Line Clothing
            Alamat Perusahaan : Tangerang banten

1.2  Nama Dan Alamat Pemilik
            Nama Pemilik   : RIZKI
            Alamat Pemilik : Tangerang Banten

1.3.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan saya bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera mahasiswa mahasiswa jaman sekarang.
Sebelum saya menjalankan perusahaan yang saya rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan saya akan mempromosikannya dari mulut ke mulut.
Adapun maksud dan tujuan saya mendirikan perusahaan ini yaitu:
1)      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2)     Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah untuk mencocokan pakaian       yamg digunakan
3)      Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
4)      Mendapatkan keuntungan atau laba



BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1.  Latar Belakang
    Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha pakaian yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat. Fokus saya adalah untuk menjual pakaian yang berkualitas tinggi namun tetap terjangkau bagi masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa.

 2.2.  Visi dan Misi
         2.2.1. Visi    : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan                                   dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam                                         kehidupan.
         2.2.2. Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi                                               kepuasaan pelanggan.

2.3.   Target Pelanggan
        Target pelanggan usaha ini adalah mahasiswa-mahasiswi di sekeliling kampus dan teman-teman          pribadi saya.



BAB III
DESKRIPSI USAHA

3.1.   Produk yang dihasilkan.
3.1.1. Adapun kualitas produk atau mutu produk yang saya tawarkan memiliki beberapa keunggulan:
·         Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
·          Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
·         Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.

3.2.1. Kegunaan produk
·         Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
·         Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
     §        Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
     §  kualitas produk terjamin
     §      sesuai dengan selera masyarakat



BAB IV
RENCANA PEMASARAN
4.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1
Kaos Pria
Rp. 70.000,-
2
Kaos Wanita
Rp.  60.000,-
3
Kemeja Pria
≥ Rp. 85.000,-
4
Cardigan Wanita
≥ Rp.55.000,-

4.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.  

4.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·         Mempromosikannya dari mulut kemulut .
·         Mempromosikannya di social media.


Dibawah ini merupakan contoh barang dagangan saya : 






Note : Saya mengambil cara membuat proposal dagang dari beberapa situs karena saya mahasiswa sastra inggris. 

No comments:

Post a Comment